SD Negeri 1 Keude Trumon beralamat di Jln. Teuku Raja Husein Desa Keude Trumon Kecamatan Trumon Kabupaten Aceh Selatan Provinsi Aceh. Secara geografis terletak di daerah pemukiman penduduk, yang berjarak 90 Km dari pusat kota kabupaten Aceh Selatan dengan perkiraan dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dengan waktu 1 jam 52 menit.
SD Negeri 1 Keude Trumon adalah sekolah yang berstatus negeri dengan NPSN 10102640, yang berdiri dan mulai beroperasi dari Tahun 1928. Dengan nilai akreditasi 82/B berlaku sampai 20 Oktober 2027. SD Negeri 1 Keude Trumon menyelenggarakan kegiatan belajar pagi hari dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai Pukul 12.15 WIB dengan enam waktu hari belajar yaitu hari Senin sampai Sabtu.
KARAKTERISTIK SATUAN PENDIDIKAN
SDN 1 Keude Trumon sebagai salah satu sekolah yang ada di Kecamatan Trumon mempunyai karakteristik terkait dengan kondisi sosial, ekonomi, dan potensi peserta didik sangat mempengaruhi karakteristik sekolah sebagai satuan pendidikan yang akan mengembangkan kurikulum yang dilaksanakan.
Pelaksanaan dan pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan di SDN 1 Keude Trumon diharapkan dapat mengoptimalkan potensi peserta didik sesuai dengan bakat, minat, dan kebutuhan sehingga ketrampilan abad 21 yang selama digaungkan akan dapat dilaksanakan dengan baik.
Lingkungan yang letaknya berada di pusat kecamatan sangat mendukung untuk melaksanakan pembelajaran yang kontekstual sesuai dengan lingkungan sekitar. Sarana prasarana yang dimiliki pusat kecamatan dan desa, mulai dari sarana ibadah, kesehatan, dan fasilitas yang mendukung kegiatan sekolah tersedia dan mudah terjangkau menjadikan kegiatan yang berhubungan dengan kerjasama dengan dunia usaha dapat terfasilitasi dengan baik. SD Negeri 1 Keude Trumon juga mempunyai visi dan misi agar memotivasi seluruh stakeholder dalam mencapai tujuan sekolah.
Proyek penguatan profil pelajar Pancasila yang akan dilaksanakan dalam pengembangan kurikulum di SDN 1 Keude Trumon dengan melihat karakteristik sekolah sehingga pembentukan karakter peserta didik untuk menumbuhkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, gotong royong, kreatif, dan berkebhinekaan global akan tercapai.
Dalam rangka mewujudkan peserta didik yang berprofil pelajar Pancasila berdasarkan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta kemampuan sekolah berdasarkan karakteristik yang ada, maka sekolah perlu melakukan analisis kondisi yang ada seperti:
- Berisi tentang keunikan sekolah dalam hal peserta didik
- Kondisi Sosial Peserta Didik
- Budaya Sekolah
- Kondisi Pendidik
- Kondisi Tenaga Kependidikan